Home > darimanasaja > Jangan Berbuat Dosa Sekalipun Neraka Tidak Ada!

Jangan Berbuat Dosa Sekalipun Neraka Tidak Ada!

Di dalam ayat al-Quran dan hadis para Imam Maksum as disebutkan bahwa surga merupakan balasan dan nilai bagi orang yang meninggalkan perbuatan dosa. Bila kita meyakini ayat-ayat al-Quran dan hadis, ketahuilah bahwa jangan sampai kita menukar surga yang agung dengan dosa-dosa yang kecil yang kelezatannya juga kecil dan sesaat saja.

Pertanyaannya, apakah bila tidak ada neraka kita tetap tidak boleh berbuat dosa?

Dalam hal ini Imam Ali as berkata, “Bila Allah tidak menyediakan neraka karena maksiat yang dilakukan kepada-Nya, maka tetap wajib untuk tidak bermaksiat kepada-Nya sebagai rasa syukur atas segala nikmat-Nya.” (Nahjul Balaghah, hikmah 290. Muntakhab Mizan al-Hikmah, 220)

Terkait pahala duniawi meninggalkan dosa, Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa bisa melakukan perbuatan haram, tapi ia tidak mau melakukannya karena takut kepada Allah, maka sebelum ia berada di alam akhirat Allah akan memberikan balasan kepadanya di dunia ini yang lebih baik.” (Kanz al-Ummal 43113. Muntakhab Mizan al-Hikmah, 144)

Demikian juga terkait siapa saja yang wajib meninggalkan hal-hal yang buruk, Imam Ali as berkata, “Seandainya Allah tidak melarang hal-hal yang buruk, maka bagi orang-orang yang berakal wajib meninggalkannya.” (Ghurar al-Hikam, 7595. Muntakhab Mizan al-Hikmah, 144)

Mengenai tidak bolehnya meremehkan dosa, Rasulullah Saw bersabda, “Jangan kalian lihat kecilnya dosa, tapi lihatlah kepada siapa kalian bermaksiat.” (Bihar al-Anwar, 77/168/6. Muntakhab Mizan al-Hikmah, 220) (IRIB Indonesia / Emi Nur Hayati)

Categories: darimanasaja
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: