Home > MH. Aripin Ali > Kutipan dari Edward de Bono (1)

Kutipan dari Edward de Bono (1)

Di Australia, ada seorang anak laki-laki berumur 5 tahun bernama Johny. Oleh temannya, ia disuruh memilih antara uang logam satu dolar dan uang logam dua dolar. Uang logam satu dolar lebih besar dari yang dua dolar. Johny memilih yang lebih besar. Temannya tertawa tergelak-gelak melihat kebodohan Johny. Kapan pun mereka ingin membodohinya, mereka akan menawarkan hal yang sama. Ia tidak pernah belajar. Ia selalu memilih uang logam yang lebih besar.
Suatu hari, seorang dewasa melihat hal ini dan merasa kasihan terhadap Johny. Ia memanggil Johny dan berkata bahwa uang logam yang kecil, meskipun lebih kecil, namun bernilai dua kali lipat uang logam yang lebih besar.
Johny tersenyum dan berterima kasih dengan sopan dan kemudian berkata: “Saya tahu hal itu. Tetapi berapa kali lagi mereka akan memberiku tawaran uang logam jika sejak awal aku memilih yang dua dolar?” Hal ini adalah mengenai persepsi. Jika Anda melihatnya sebagai kejadian tunggal, Anda akan memilih yang dua dolar. Jika Anda mengenal teman-teman Anda, seperti yang dilakukan Johny, Anda akan tahu bahwa mereka akan terus menawari Anda uang logam dan Anda akan mendapat banyak uang dolar. Persepsi adalah kuncinya.
Categories: MH. Aripin Ali
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: