Home > Kurikulum Esdehate, SekolahKu > Flash Card UASBN: Bahasa Indonesia (1)

Flash Card UASBN: Bahasa Indonesia (1)

Beberapa bulan menjelang hari “H” UASBN sangat tepat untuk memperbanyak pengulangan. Sebagaimana dikatakan Eric Jensen, “Pengulangan memberitahu bahwa sebuah informasi lebih penting,” maka inilah yang sebaiknya dilakukan. Namun karena kondisi rileks yang merupakan saat terbaik bagi otak dalam menyerap informasi, maka kita perlu menemukan metode atau alat yang tepat. Tulisan ini akan menjajaki penggunaan Mind Maps dan flash card. Yang kedua digunakan karena ukurannya yang dapat dimasukkan ke saku, misalnya, memudahkan untuk diakses. Kemudian, flash card juga memuat informasi yang sudah sederhana.

Bila flash card sudah tersedia tentu Anda sebagai guru perlu memastikan pengulangannya. Mengutip Tony Buzan dan Eric Jensen pengulangan yang minimal adalah 2 atau 3 kali mengulang sebelum 1 jam dari saat informasi diterima, pengulangan kedua sehari kemudian, pengulangan ketiga seminggu kemudian, pengulangan keempat sebulan kemudian. Kalau Anda bekerja sama dengan anak dan orangtua,, kemungkinan pengulangan lebih banyak dapat dilakukan. Lebih banyak pengulangan, sekali lagi, itu lebih baik. Anda perlu hati-hati dengan 2 pengulangan di awal: 2 atau 3 kali pengulangan sebelum 1 jam dari sejak informasi diterima dan pengulangan hari berikutnya. Bila anak punya kebiasaan belajar atau Anda bias bekerjasama dengan orangtua, pengulangan kedua dapat dilakukan di rumah sepulang sekolah sebelum anak tidur.

(Saya mohon maaf tidak dapat menata dengan baik flash card-nya. Anda dapat membuatnya bersama anak-anak. Pokoknya kotak pertama bagian depan dan kotak kedua bagian belakang dari sebuah flash card). Kita akan mulai dengan pelajaran Bahasa Indonesia untuk bagian kemampuan yang diukur “menentukan isi bacaan”.

Flash Card 1

8 kata tanya Siapa 

Apa

Kapan

Bagaimana

Mengapa

Dari mana

Ke mana

Di mana

Catatan: Kata tanya yang bold adalah kata tanya yang menurut kisi-kisi UASBN 2010/2011 akan muncul sebagai soal.

Flash Card 2

Apa digunakan untuk menanyakan?
  • Menanyakan orang
  • Menanyakan benda
  • Menanyakan waktu
  • Menanyakan keadaan
  • Menanyakan sebab
  • Menanyakan tempat asal
  • Menanyakan tempat tujuan
  • Menanyakan tempat berada

Catatan: Jawaban adalah yang sesuai pertanyaan. Penggunaan kata tanya lainnya ditulis dengan maksud untuk mengingat sekilas. Catatan ini berlaku sampai flash card 5.

Flash Card 3

Bagaimana digunakan untuk menanyakan?
  • Menanyakan orang
  • Menanyakan benda
  • Menanyakan waktu
  • Menanyakan keadaan
  • Menanyakan sebab
  • Menanyakan tempat asal
  • Menanyakan tempat tujuan

 

Flash Card 4

Di mana digunakan untuk menanyakan?
  • Menanyakan orang
  • Menanyakan benda
  • Menanyakan waktu
  • Menanyakan keadaan
  • Menanyakan sebab
  • Menanyakan tempat asal
  • Menanyakan tempat tujuan

 

Flash Card 5

Mengapa digunakan untuk menanyakan?
  • Menanyakan orang
  • Menanyakan benda
  • Menanyakan waktu
  • Menanyakan keadaan
  • Menanyakan sebab
  • Menanyakan tempat asal
  • Menanyakan tempat tujuan

 

Flash Card 6

Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya apa!
  1. (diisi oleh anak)
  2. (diisi jawaban dari teman)
  3. Apa usaha yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah penyakit pascahujan?
  4. Apa manfaat mempelajari seni bela diri?
  5. Apa akibat dari padamnya listrik Bandara Soekarno-Hatta?
  6. Apa manfaat biji jarak pada masa lalu?
  7. Apa kebiasaan unik warga Kota Wasior?

 

Catatan nonor 6-9: Jawaban nomor 1 dan 2 diisi dengan pensil. Keduanya diambil dalam proses belajar. Jawaban nomor 4-7 diambil dari soal UASBN tahun sebelumnya (bahan dari “Seri Pendalaman Materi Plus Sukses Menghadapi UN SD, Essis-Erlangga)

Flash Card 7

Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya bagaimana!
  1. (diisi oleh anak)
  2. (diisi jawaban dari teman)
  3. Bagaimana nyamuk Aedes aegypti berkembang biak?
  4. Bagaimana asal usul seni beladiri?
  5. Bagaimana tanggapan penumpang terhadap padamnya aliran listrik?
  6. Bagaimana peran Kementerian Koperasi dan UKM dalam meningkatkan produksi minyak dari biji jarak ini?
  7. Bagaimana pendapat warga Kota Wasior terhadap alam di sekitar mereka?

 

Flash Card 8

Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya di mana!
  1. (diisi oleh anak)
  2. (diisi jawaban dari teman)
  3. Di daerah mana nyamuk Aedes aegyfti berkembang biak dengan baik?
  4. Di mana seni beladiri pencak silat berkembang?
  5. Di manakah suasana menjadi gelap akibat padamnya listrik?
  6. Di mana pertanian biji jarak mulai dikembangkan?
  7. Di mana letak Kota Wasior?

 

Flash Card 9

Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya mengapa!
  1. (diisi oleh anak)
  2. (diisi jawaban dari teman)
  3. Mengapa orang bisa terjangkit penyakit diare?
  4. Mengapa seni beladiri sangat diperlukan pada zaman dulu?
  5. Mengapa listrik Bandara Soekarno-Hatta padam?
  6. Mengapa minyak biji jarak disebut sebagai sumber bahan bakar yang terbarukan?
  7. Mengapa Kepala BMKG menyatakan bahwa banjir di Kota Wasior terjadi akibat anomaly cuaca?

 

Flash Card 10

Buat contoh jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya apa!
  1. (diisi oleh anak)
  2. (diisi jawaban dari teman)
  3. Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin dan membersihkan lingkungan.
  4. Untuk melatih kedisiplinan, pengendalian diri, juga menjaga kebugaran tubuh.
  5. Papan pengumuman serta layar komputer tak terhubung dengan jaringan yang lain.
  6. Sebagai bahan bakar penerangan pengganti listrik.
  7. Menari dan bernyanyi bersama di jalanan saat merayakan kabar bahagia.

 

Catatan: Flash card 10-13 sebaiknya digunakan bersamaan dengan flash card 6-9.

Flash Card 11

Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya bagaimana!
  1. (diisi oleh anak)
  2. (diisi jawaban dari teman)
  3. Nyamuk bersarang dan berkembang biak di tempat-tempat dan benda yang dapat menampung air setelah hujan.
  4. Banyak seni bela diri yang asal usulnya bercampur mitos dan dongeng sehingga sulit dipercayai, sehingga menjadi perdebatan.
  5. Banyak penumpang mengaku tidak nyaman dengan padamnya listrik di bandara.
  6. Kementerian Koperasi dan UKM membeli 300 unit mesin pengolah biji jarak.
  7. Lembah pegunungan, teluk, dan pesisir pantai adalah sahabat yang menafkahi mereka.

 

Flash Card 12

Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya di mana!
  1. (diisi oleh anak)
  2. (diisi jawaban dari teman)
  3. Daerah beriklim tropis.
  4. Di negara-negara yang memiliki akar budaya Melayu seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei.
  5. Di terminal satu keberangkatan dalam negeri.
  6. Berbagai daerah di wilayah Kalimantan.
  7. Di kawasan cagar alam.

 

Flash Card 13

Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya mengapa!
  1. (diisi oleh anak)
  2. (diisi jawaban dari teman)
  3. Karena memakan makanan yang telah dihinggapi virus dan bakteri.
  4. Karena zaman dahulu peperangan dan pertarungan biasanya dilakukan dari jarak dekat dan banyak melibatkan kontak badan.
  5. Karena adanya masalah pada mensin bandara.
  6. Karena masih mungkin diciptakan dengan berbagai kemungkinan.
  7. Karena curah hujan yang tinggi di kawasan Wasior.

 

Bagi anak pada umumnya bagian kemampuan yang diukur “menentukan isi bacaan” tidak memerlukan flash card, termasuk soal nomor 5 yang menanyakan kesimpulan teks. Namun tidak demikian dengan anak-anak yang kemampuannya kurang. Flash card di atas dapat sangat membantu. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan anak-anak untuk membaca wacana/teks dengan nyaring dan intonasi yang sesuai makna bacaan. Kemudian, bagi anak yang masih kesulitan memahami bacaan (walaupun hanya sebuah paragraf), anak bisa mengerjakan soal dengan mulai dari membaca soal ke bacaan.

Perlu diketahui, berbeda dengan teks sastra, teks non sastra hanya mempunyai jawaban benar pada teks. Bila ada pernyataan atau maksud di luar teks, maka jawaban salah.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: