Home > MH. Aripin Ali, Walagri Aksara > terimakasih 2

terimakasih 2

Anak sulung saya, anak kamar. Membaca, belajar, mendengar musik, santai, semuanya di kamar. Begitu juga ketika ia bangun tengah malam, ia akan membaca dengan membuka sedikit gorden dengan makasud mengambil penerangan dari lampu belakang. Kini, sudah hampir sebulan, semua kebiasaan itu jeda dulu. Pasalnya, rumah kami kan terdiri dari 2 kamar. Jadi selama Siti dan Ibah di rumah, Adry dan Azmi tidur menggelar karpet di ruang tamu.

Mungkin memang cukup lama 1 bulan itu, sehingga Adry mulai merasa asing dengan pola barunya. Ini ia ungkapkan dengan keinginannya numpang tidur di kamar ibunya dan kemarin muncul wacana kost. Tadi malam saya mendiskusikannya dengan istri.

Saya senang anak-anak menjadi bagian dari aktivitas sosial saya. Beberapa kali kunjungan ke pelosok, saya menyertakan keduanya. Teman-teman saya di sana kenal betul dengan kedua anakku. Saya menganggap semuanya sudah oke. Jadi, ketika ada Ibah dan Siti, tanpa ijin apalagi diskusi, menempatkan mereka di kamar anak-anak. Saya benar-benar lupa kalau sampai cukup lama akan ada yang sangat terganggu dari kebiasaan anak-anak. Padahal, sebentar pun sudah seharusnya meminta ijin.

Yang hilang dari tidak meminta ijin itu adalah, memberikan informasi dan pengetahuan yang lengkap (sebagaimana hal ini terjadi kepada istri) tentang kenapa saya harus mengurusi Siti dan Ibah. Sungguh ini kehilangan besar. Kedua, sifat buruk saya untuk otoriter, sok dengan hal yang dinilainya benar melenggang muncul dengan leluasa. Kan Kebenaran itu berkah, juga jariah. Seharusnya saya meminta ijin, mendorong diskusi, berbagi peran, dan banyak lagi efek positif berantai lainnya termasuk mencegah berbagai efek buruk muncul. Menulis ini saya tersenyum membayangkan indahnya jadi seorang ayah yang demokratis dan santun.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

