Home > Kurikulum Esdehate > Unjuk Kerja Kelas-2 Semester I (1)

Unjuk Kerja Kelas-2 Semester I (1)

Unjuk kerja tetap merupakan strategi mengelola program semester yang memberikan kami hadiah kepemilikan terhadap semester yang berlangsung. Perjalanan se-semester menjadi aktualisasi diri.

Bagi saya mudah saja untuk membuktikan bahwa program yang kami jalankan cuma ada di SD Hikmah Teladan. Memang bazar lumrah jadi program ‘akhir’ sebuah sekolah, tapi sebagai rangkaian kegiatan berbeda. Makanan yang dijual di bazar adalah resep favorit keluarga yang terpilih dari semua resep keluarga yang ditulis anak di buku diary masing-masing termasuk cerita mereka mencoba resep tersebut di rumah dengan keluarga. Dari beberapa resep yang dicoba, resep terpilih dibuat dengan modal dari uang yang ditabung anak-anak yang besarnya rata-rata sekitar Rp20.000,00. Tak banyak, tapi sebagian besar hasil penjualan menguntungkan dan makanan yang dijual ludes.

Kami bahkan berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya dalam mengelola Unjuk Kerja ini. Sebelumnya semua kegiatan di bagian pertama sulur Mind Map berdiri sendiri dan lebih terkait dengan penentuan kapasitasnya bersesuaian dengan kurikulum; namun perubahan sangat mendasar dilakukan semester ini, yaitu penegasan kepada anak-anak bahwa semua kegiatan ditujukan untuk beramal.

Kami pun berbeda dengan rencana awal. Pada pertemuan Forum Paralel menjelang pelaksanaan bazaar, Unjuk Kerja yang dikritisi mengalami beberapa perubahan dan pendalaman. Malah sebetulnya kami menemukan kembali nilai-nilai SD Hikmah Teladan: semua anak berkarya, semua karya adalah prestasi; belajar sebagai ekspresi rasa ingin tahu; keragaman adalah kehadiran pribadi, sehingga tak terpisahkan sejak dari proses hingga sebuah ‘karya’; dan, setiap anak bukan merupakan bagian dari SD Hikmah Teladan, melainkan menjadi diri sendiri di SD Hikmah Teladan.

Bukti lain, sebagaimana sering saya ungkap, bahwa Unjuk Kerja mengokohkan kepemilikan adalah tertetapkannya Unjuk Kerja sebagai indikator keberhasilan dan bukan kurikulum. Secara umum sudah tidak ada yang perlu membuat khawatir kalau Unjuk Kerja tercapai. Kalau ada target Kurikulum tidak tercapai, enteng saja untuk memindahkan pada semester berikutnya.

Categories: Kurikulum Esdehate
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: