Home > Walagri Aksara > Wajah-wajah dalam Ingatan (1)

Wajah-wajah dalam Ingatan (1)

Kan kuperkenalkan satu per satu. Biar jadi ingatan pertemuan yang terjadi. Biar juga ada mimpi setelah senja.

Seperti namanya, Ejen, ia lahir dan tumbuh di kampung.

Di kampung yang juga tradisional, pengetahuan merupakan hadiah dari penghayatan pada pengalaman. Pendorong utama pengalaman demikian adalah rasa ingin tahu dan keberanian bertualang.

Seperti itulah ia bergegas belajar. Rasa ingin tahu kanak-kanak masih melekat pada dirinya. Ketika Walagri Aksara membawa ratusan buku, malam itu, ia berburu buku berdua dengan anaknya yang kelas-4 SD. Ayah-anak tak berbeda gairahnya. Malam itu, keduanya tertidur dikelilingi serakan buku.

Aku sungguh tertular gairahnya, juga tersentak. Di kota dengan toko buku, televisi, perpustakaan,  internet dan sekolah, pengetahuan leluasa menjauh dari pengalaman. Aku mudah lebih pintar tanpa lebih berarti. Di sinilah orang manis luarnya, luka dalamnya. Hidup menyimpan gelisah.

Beliau ini super sibuk sebagaimana guru lainnya di Cieceng. Kalaupun tidak super sibuk, beliau lebih sibuk dariku. Karena selain sebagai guru, bertani, berternak, dan usaha penggilingan padi warisan dari mertuanya pun dijalani. Namun demikian, mengajar menghadiahinya kebahagian. Selalu menjadi haru setiap pagi kala anak-anak yang sudah siap belajar, berjejer di samping sekolah di bagian yang langsung menghadang kedatangannya. Masih terhitung lebih dari 20 meter, suara anak-anak “Pak Ejen datang…” berulang-ulang dan bersama-sama, mengikatnya pada pengabdian menjadi guru.

Categories: Walagri Aksara
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: