Home > Walagri Aksara > Proposal “Peningkatan Kesejahteraan Guru di Pelosok Jawa Barat Melalui Pengembangan Terpadu Pertanian Organik, Peternakan dan Koperasi

Proposal “Peningkatan Kesejahteraan Guru di Pelosok Jawa Barat Melalui Pengembangan Terpadu Pertanian Organik, Peternakan dan Koperasi

PENDAHULUAN

WALAGRI AKSARA adalah organisasi nirlaba yang bergerak untuk penguatan pendidikan, terutama bagi masyarakat desa atau yang tinggal di pelosok-pelosok daerah, melalui kegiatan-kegiatan pendampingan, konsultasi, pelatihan, workshop, dan magang.

Saat ini, WALAGRI AKSARA sedang melakukan pendampingan dan konsultasi terhadap masyarakat di desa Cieceng –  Tasikmalaya Selatan dan sekitarnya. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan bersama masyarakat Cieceng dan sekitarnya antara lain :

  • Memfasilitasi pendirian SMP Darul Hikmah (tahun 2003)
  • Pendampingan dan kosultasi secara periodik (tahun 2003 – 2008)
  • Obsevasi mutu pendidikan SD-SMP Darul Hikmah dan peran masyarakat dalam pengembangan sekolah (Februari 2009)
  • Pelatihan guru dan pengelola sekolah SD-SMP Darul Hikmah dan Pendirian 9 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) pada tanggal 21 – 24 Mei 2009
  • 10 – 13 Juli 2009 diselenggarakan pemagangan guru dan pengelola sekolah di sekolah-sekolah di Bandung, yaitu TK – SD Gagas Ceria, TK Permata Ayah Bunda, SD-SMP Cendekia Muda, TK Salsabila, dan SD TI Muthahari.

LANDASAN PEMIKIRAN

1. Penguatan Pendidikan

Masyarakat desa harus menjadi masyarakat maju. Hanya dengan pendidikan yang bermutulah masyarakat desa yang maju bisa tercapai. Pendidikan bermutu sangat bergantung dengan kualitas guru yang mumpuni. Pendidikan di desa harus disadari belum memiliki kualitas guru sebaik di perkotaan. Untuk itu, peningkatan kualitas guru menjadi hal penting dan mendesak. Peningkatan kualitas guru dapat dilakukan melalui magang dan pelatihan di tempat-tempat yang dapat menjadi percontohan.

2. Penguatan Kemampuan Bertani dan Berternak

Masyarakat desa adalah masyarakat agraris yang menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian, perkebunan dan peternakan.  Namun, seperti kita mafhumi, kemampuan masyarakat boleh dikata masih konvensional. Mereka belum mengenal metode-metode yang memberikan hasil lebih baik sehingga sulit bersaing di pasaran. Sementara itu, di tengah masyarakat berkembang wacana hidup sehat dengan mengkonsumsi hasil pertanian organik. Maka tidak bisa tidak diperlukan pengembangan kemampuan di bidang pertanian organik melalui kegiatan-kegiatan magang dan pelatihan. Dan dalam dunia pertanian organik, peternakan merupakan pasangannya.

3. Hubungan Pertanian dan Pendidikan di Desa

Pertanian adalah ladang ekonomi masyarakat desa. Sementara pendidikan adalah sarana perubahan sosial menuju ke arah yang lebih baik. Keberadaan pendidikan dan pertanian dapat saling menunjang. Apalagi kenyataan bahwa seluruh guru Cieceng merangkap sebagai petani, bahkan sebetulnya guru lah yang menjadi profesi kedua. Dengan demikian, pertanian yang berhasil akan memberikan masyarakat kekuatan ekonomi lebih baik (yang dipandu oleh pengembangan koperasi) sehingga masyarakat desa memiliki daya dan kemandirian untuk memajukan pendidikannya. Dan pendidikan yang maju pada akhirnya akan membentuk masyarakat desa yang mandiri secara sosial, ekonomi, budaya dan politik.


NAMA KEGIATAN

“PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU DI PELOSOK MELALUI PENGEMBANGAN TERPADU PERTANIAN ORGANIK, PETERNAKAN, DAN KOPERASI ”

29 Desember 2009- 2 Januari 2010

TUJUAN

  1. Menguatkan fondasi sosial ekonomi bagi masyarakat yang berswadaya menyelenggarakan pendidikan .
  2. Memperluas jejaring sosial yang berperan menguatkan perubahan sosial yang dikehendaki.
  3. Tercapainya kemampuan bertani organik yang terpadu dengan peternakan sehingga dapat meningkatkan daya saing produk pertanian.

TEMPAT KEGIATAN

  • Kampung Pangkalan, desa Cisondari, kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey Kabupaten Bandung;
  • Kantor Koperasi Milenia, kampung Pangkalan, desa Cisondari, kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey kabupaten Bandung;
  • Pos IB (Inseminasi Buatan), Soreang, Kabupaten Bandung Barat
  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ros, kampung Pangkalan, desa Cisondari, kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey kabupaten Bandung, sebagai kegiatan tambahan yang diberikan Walagri Aksara bagi masyrakat yang menjadi tujuan magang.

SASARAN

  1. Masyarakat desa Cieceng, desa Sodong, desa Taraju – Kabupaten Tasikmalaya.
  2. Masyarakat desa Pasawahan – Kab. Ciamis.
  3. Masyarakat desa Sari Mukti – Kab. Garut
  4. Masyarakat Cibolang – Parongpong – Kab. Bandung Barat.
  5. Masyarakat Desa Sawah Kadu – Ranca Kalong – Kab. Sumedang

PROGRAM KEGIATAN

1. Magang Pertanian Organik dan Koperasi

Dalam dunia agribisnis telah berkembang praktek pertanian organik. Praktek ini merupakan respon atas meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi hasil pertanian yang bebas dari kandungan pestisida maupun zat kimia lain yang banyak digunakan dalam pertanian. Magang pertanian diharapkan mempelajari hal-hal :

  • Pengelolaan pertanian organik antara lain kegiatan penyemaian benih, penanaman, pembuatan pupuk, hingga penanganan hama;
  • Strategi pemasaran produk pertanian organik;
  • Pembentukan dan pengelolaan Koperasi.

2. Pelatihan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ROS

Paud Ros didirikan oleh warga kampung Pangkalan, desa Cisondari, kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey Kabupaten Bandung. Untuk meningkatkan kemampuan guru-guru PAUD Ros, WALAGRI AKSARA mengadakan pelatihan yang meliputi antara lain: pengembangan kreatifitas anak dan administrasi penyelenggaraan PAUD.

3.  Pembentukan dan pengelolaan koperasi.

4. Magang kesehatan hewan, reproduksi dan inseminasi buatan.

PARTISIPASI DONATUR

Instansi pemerintah atau swasta yang memberikan bantuan tidak mengikat berupa uang tunai, fasilitas/sarana dan prasarana, melalui kerjasama yang disepakati dengan panitia.

PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan, dengan harapan apa yang kami niatkan dapat terlaksana dengan lancar serta mendapat dukungan dari segala pihak, baik moril maupun materil.

Akhirnya kami panjatkan doa dan harap perlindungan yang sesungguhnya ke hadirat Tuhan. Semoga anak-anak manusia yang memikirkan pembenahan masyarakat lewat dunia pendidikan berada dalam ridho dan kelancaran-Nya.

Bandung,  12 Desember 2009

Categories: Walagri Aksara
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: