Home > MH. Aripin Ali > 18 Guru Pelosok Magang di Bandung (5): Rangkaian Kegiatan

18 Guru Pelosok Magang di Bandung (5): Rangkaian Kegiatan

Kegiatan magang per harinya mencakup: magang, sharing, ceramah penndidikan, ceramah motivasi.

Magang

Magang merupakan inti kegiatan. Setiap pagi peserta menyebar ke 7 sekolah: 3 TK, 3 SD, 1 SMP. Peserta yang ke TK Permata Ayah Bunda, TK Salsabiil, SD Cerdas Muthahhari, SMP Cendekia Muda berjalan kaki. Peserta yang ke SD Cendekia Muda di antar satu per satu dengan motor. Ke Gagas Ceria (karena di luar komplek Arcamanik Indah) memakai mobil pinjaman (dengan bensin dan sopir) kakak lelaki Eva.

Dalam pembicaraan pendahuluan dengan para kepala sekolah saya meminta agar peserta selama  di setiap sekolah tidak hanya mengamati pembelajaran, melainkan diberikan kesempatan untuk banyak diskusi bahkan saya sampaikan kalau lebih menyukai kegiatan-kegiatan semacam pelatihan. Teman-teman merespon baik.

Bu Santi (hai, bener lho saya belum tahu nama lengkap Ibu) memutuskan magang hanya sampai pukul 11.00. Beliau juga menanyakan pada saya sebaiknya magang di kelas berapa saja. Saya jawab di kelas berapa saja yang penting berbeda mata pelajaran. Dari pukul 11.00 sampai sekitar pukul 14.00 dilakukan sharing, diskusi, atau penyampaian materi.

Di TK Salsabiil, bu Eva sebagai kepala sekolah memutuskan ada seoranng guru yang off dari mengajar dan secara khusus memberikan pelatihan pada peserta magang. Pemberian materi terkait pengembangan sekolah langsung disampaikan ibu kepala sekolah. Bu Eva seccara tertulis menyampaikan laporan seluruh kegiatan guru-guru Cieceng selama di TK Salsabiil termasuk kegiatan sharing di basecamp yang diikutinya.

Keleluasaan untuk magang dengan kesempatan yang leluasa untuk mengamati dan berdialog dengan guru dan kepala sekolah dilaporkan oleh peserta yang magang di SD dan SMP Cendekia Muda. Bila kenyataannya seperti mandeg, ini berkaitan dengan kemampuan bertanya peserta seperti terjadi di TK Permata Ayah Bunda yang di bawah satu naungan yayasan dengan SD-SMP Cendekia Muda, atau juga karena yang terperhatikan serba baru sehingga itu pun pengetahuan yang sangat banyak.

Karena kehilangan kesempatan bertemu dengan kepala sekolah, magang di SD Cerdas Muthahhari dirasa cukup setelah 2 hari. Di hari ketiga peserta bergerak ke SD-SMP Cendekia Muda. Pak Miftah selama 3 hari yang bersamaan dengan waktu magang sangat disibukkan dengan jadwal akreditasi SMA Plus Muthahhari.  Apa boleh buat.

Sharing dan Ceramah Pendidikan

Dari pukul 16.00-18.00 peserta dari ke 7 sekolah berkumpul di basecamp untuk presentasi hasil magang. Selain dari Walagri Aksara, kami mengundang teman-teman yang memang memiliki perhatian pada pendidikan untuk menjadi fasilitator sharing, tepatnya memberikan cermah pendidikan atau menemani diskusi. Ada bu Neni yang berbagi banyak mengenai pengelolaan PAUD. Lagu-lagu dan permainan yang diajarkannya menimbulkan suara berisik dan jerit-jerit, juga tawa dari kamar yang biasanya sepi karena mereka manfaatkan untuk istirahat.

Ada pak Endar yang menjelaskan tentang kecerdasan majemuk, mungkin lebih luas, karena beliau berbicara luas tentang berbagai cara mendorong guru agar mengetahui, menghargai, dan mengajar dengan mempedulikan kekuatan anak. Sangat penting juga penegasan beliau tentang sekolah yang berpijak pada kekuatan lokal atau memunculkan keunggulan sebagai akibat langsung dari jawaban kreatif terhadap problem sosial.

Ibu Luna juga bersemangat membawakan creative learning. Sehari sebelumnya, sewaktu pak Endar, bu Luna juga datang, katanya sekadar mencari tahu kepentingan dan kapasitas berbahasa ‘ilmiah’ peserta. Saya tahu untuk beberapa kesempatan bagaimana isi materi creative learning, sehingga dapat saya pastikan materi waktu itu dikelola dengan cara berbeda.

Sharing-nya bagaimana? Rian, juga saya yang bertugas jadi moderator dan pemandu sharing mengalami kelelahan luar biasa, sehingga terjadilah selesai membuka acara kami pamit dan terlelap sampai waktu yang tepat untuk menutup acara yang tentu saja tanpa penyimpulan. Akibat yang lain sharing paling lama hanya berlangsung sekitar 30 menit. Mengingat pentingnya bahkan inti dari kegiatan magang, saya menyangkannya. Sebab itu, di hari ketiga sharing dimulai pukul 15.00. Secara alamiah saya diingatkan untuk tidak kehilangan kesempatan dan meraih kemanfaatan sharing ini.

Ceramah Motivasi

Bagian ini acara istimewa. Kami memberikan kuasa pengelolaan waktu pukul 19.00-22.00 kepada pak Ali karena yang akan mengisinya tokoh masyarakat di Komplek Arcamanik Indah. Bu Ida Sitompul menyampaikan tentang perpustakaan yang sangat diperkaya dengan penjelasan mengenai sejarah dan manfaat keberadaan Pondok Baca yang diketuainya yang menjadi basecamp itu.

Pak Hernowo yang dikenal luas dengan bukunya “Mengikat Makna” sungguh ‘memaksakan’ diri datang di beberapa hari pulih kembali kesehatannya. Dengan mengkaitkan secara khusus sejarah penulis dan makna bukunya dengan analisis terhadap kata iqra yang menjadi bagian surat al-Quran pertama yang diturunkan, beliau merasukkan motivasi yang cukup kuat bagi kami menjelang bulan puasa ini. Alhamdulillah.

Di hari terakhir ada pak Herdis. Teman semasa kuliah pak Ali ini sekarang menjabat bagian kemahasiswaan Universitas Pajajaran. Seperti pak Ali, kalaupun beliau mengakui selevel dibawah pak Ali, memiliki semangat menggebu. Menggebu, sampai-sampai seperti terburu waktu untuk menjelaskan semuanya relasi yang dimilikinya. Saya betul-betul menjadi orang yang tertinggal melulu, jadi tampak kurang semangat dan gairah. Apalagi saat diajak banyak menembus birokrasi, tak bisa deh saya menyembunyikan identitas dan segera dikomentari lemas, letih, lesu. Oh ya beliau memastikan pada kesempatan kuliah kerja nyata (KKN) tahun berikutnya akan ada mahasiswa yang di tempatkan di Cieceng.

Categories: MH. Aripin Ali
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: