Home > MH. Aripin Ali > 18 Guru Pelosok Magang di Bandung (3)

18 Guru Pelosok Magang di Bandung (3)

Penyelenggara kegiatan ini Walagri Aksara. Kami bersepuluh: MH. Aripin Ali, Rian Angkasa Pinem, Zazuli Munif, Lia Nur Amalia (Lili), Sandi Sahrinurrahman, Eva Sopia, Irfan, Zakiyah, Yuki, Asep Permana. Semuanya guru.

Kepanitiaan Rencana Awal

Sekitar 2 bulan sebelum acara dimulai kepanitiaan sudah dibentuk. Irfan yang baru off dari SMP Semesta Hati menyatakan kesediaan untuk full di lokasi. Irfan disepakati sebagai ketua panitia.

Seperti biasa SD Hikmah Teladan menjadi tempat kami kumpul. Biasanya kumpulan sore hari selepas semua pulang kerja, berlangsung 2 sampai 4 jam.

Masih lama, jadi kami belum membicarakan detail. Rencana kami membicarakannya di kongres pun tidak jadi karena kongres sendiri kekurangan waktu. Buktinya anggaran rumah tangga (ART) baru membicarakan keanggotaan.

Irfan dan Zakiyah (semoga lekas naik pelaminan ya) yang pindah ke Subang, masih di Jawa Barat, alhamdulillah diterima kerja di sebuah sekolah swasta di Subang. Hari kerjanya Senin, Selasa, Rabu. Irfan dan Zakiyah, maklum guru baru, jadinya hanya bisa hari Kamis.

Kepanitian Rencana Kedua

Kami semua guru dan tentu saja menjaga profesionalisme. Lalu bagaimana dengan acara magang yang berlangsung 10-13 Agustus yaitu hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis?

Irfan tetap sebagai ketua Panitia. Ada cerita. Irfan baru datang Kamis pagi. Lili menyerahkan sertifikat peserta yang harus ditandatangani. “Bagaimana ini, pagi-pagi saya sudah dipermalukan,” celotehnya sambil menerima semua sertifat yang disodorkan Lili. Permasalahan kami bukan di kepanitiaan umum, melainkan panitia yang mangkal di base camp dan pendamping di 6 sekolah.

Entah ide dari mana, pada pertemuan kesekian yang dihadiri seluruh peserta, saya meminta teman-teman untuk mangkir kerja sehari. Siapa hari Senin? Sandi bersedia. Zazuli mengangkat tangan untuk hari Selasa. Rabu ada Eva dan Rian. Yang semula hari Selasa, Asep Permana bergeser ke Kamis bersama Yuki dengan Irfan dan Zakiyah. Lili menyampaikan hal-hal penting yang membuatnya tidak bisa bolos. Saya sendiri entah kenapa tidak menentukan.

Kesediaan teman-teman mangkir, mengharukan. Terimakasih banyak. Ada kekuatan besar yang teman-teman hadiahkan untuk saya terus berkiprah dengan Walagri Aksara yang notabene sifatnya nirlaba.

Oh ya kami sudah tidak bermasalah untuk semua waktu di luar jam kerja. Ha ha paling juga sedikit bermasalah dengan keluarga masing-masing.

Kepanitian Hari “H”

Sekali lagi, kami tidak bermasalah untuk hal-hal yang harus dilakukan di luar jam kerja. Termasuk dalam hal ini penjemputan peserta dan malamnya dari pukul 19.00-22.00 pembukaan, silaturahmi dengan pengurus Pondok Baca dan perwakilan sekolah tempat magang, berlangsung lancar. Saya (bersama istri dan Ali) dan Sandi pulang sekitar pukul 23.00. Lili, Eva, Rian bermalam di Pondok Baca.

Teleponku berdering sebelum subuh. Lili memberitahukan mereka akan mengurus mobil (kakaknya Eva yang dipinjamkan) yang akan rutin dipakai antar jemput ke TK-SD Gagas Ceria, kemudian masuk kerja.

Pagi hari ketika saya datang, Sandi sudah ada dan seluruh peserta sudah siap. Ada 6 sekolah tempat magang. 5 sekolah di lingkungan Arcamanik Indah, 1 ya Gagas Ceria itu. Sandi dampingi ke Gagas Ceria. Artinya, saya yang mendampingi ke 5 sekolah dan karena hari pertama berarti saya harus memperkenalkan peserta sekaligus menyerahkannya.

Lokasi yang tersebut paling jauh adalah SD Cendekia Muda. Saya jadi ojeg untk 2 orang. Pertama saya mengantar ajengan Koko, baru ibu Ade. Kepagian, jadi saya hanya bisa serah terima dengan guru pertama yang datang setelah kami. Lokasi kedua SMP Cendekia Muda. Setelah saya antar  masih dengan motor seorang guru (dari 3 guru yang semuanya pemuda) untuk mengetahui perjalanan ke lokasi, mereka saya minta jalan kaki ke lokasi dengan rencana saya mengurus yang lain selama mereka jalan. Kembali start dari basecamp saya mengantar ke SD Muthahhari yang paling dekat, kemudian mengurus yang ke TK Mutiara Ayah Bunda dan TK Salsabiil.

Selesai dari TK Salsabiil saya masih bisa ngebut ke sekolah mengejar Forum Paralel dengan guru-guru kelas 1, tapi karena ada kejadian yang membuat saya khawatir, saya memutuskan untuk mendampingi teman-teman. Hari itu saya habiskan bolak-balik dari satu sekolah ke sekolah lain.

Selasa, sekalipun pagi cuma sendiri, saya sempat hadir di SD Hikmah Teladan. Siang kembali dan sampai magrib ternyata saya cuma sendiri. Zazuli yang rencana mangkir di hari ini berhalangan dan mengganti ke hari Rabu dan Kamis. Yap, jadinya Rabu dan Kamis lebih banyak teman-teman yang kumpul.

Categories: MH. Aripin Ali
  1. wi
    September 9, 2009 at 7:33 pm

    aku betul-betul iri dengan aktivitas kalian. ingin sekali aku terlibat dengan kesibukan semacam itu. kesempatan? peluang? harusnya ada, meski tak harus di tempat yang sama. kadang aku merasa sangat egois karena hanya sibuk dgn urusanku sendiri. berdalih punya tanggung jawab sebagai seorang ibu (dengan satu orang anak) yang harus ngurus ini dan itu. kerinduan utk beraktivitas seperti dulu kerap muncul, namun seringkali merasa tak berdaya. salut utk kalian semua,sahabat-sahabatku yang selalu bisa mengorbankan banyak hal demi sebuah cita-cita dan idealisme. BTW, kapan aku akan diajak serta nih? ibu rumah tangga juga boleh kan gabung dalam kegiatan ini? salam buat semua teman-teman di walagri aksara. aku baru tau lho dgn komunitas baru ini, tapi keliatannya oke banget! eva, lili, I miss you! pak sandi, kapan beri aku “wejangan” yang menyejukkan lagi? pak aripin, kok aku ga pernah diajak jalan-jalan? pak asep, aku bangga sama temanku yang satu ini lho! utk yang lain, aku belum begitu kenal bahkan belum kenal sama sekali, salam kenal.

    wi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: