Home > MH. Aripin Ali > 18 Guru Pelosok Magang di Bandung (2)

18 Guru Pelosok Magang di Bandung (2)

Semua guru dari Cieceng yang ikut magang belum pernah ke Bandung. Semuanya. Belum pernah ke Bandung, tentu saja berarti sangat banyak. Banyak hal tidak saya bayangkan. Misalnya, di hari kedua ibu-ibu ribut ingin pulang. Kami panitia segera kumpul membicarakannya. Menu makan yang, dibandingkan dengan yang mereka hidangkan saat kami ke Cieceng, tidak istimewa, snack yang tidak jadi, atau gegar budaya, beberapa penyebab yang kami diskusikan.

Seorang di antara kami mencari tahu. Ternyata mereka mengeluhkan badan pegal-pegal karena terlalu banyak duduk sebagai penyebabnya. Mereka ingin pulang, kembali dengan rutinitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, sebagai petani, dan sore hari sebagai guru PAUD.

Sekolah yang Dimagangi

Sekolah yang menjadi tujuan magang semuanya sekolah terpandang, setidaknya dapat dipastikan dikelola dengan moderen:

IMG_44341. TK, SD, SMP Cendekia Muda merupakan sekolah yang dipersiapkan sebagai pendidikan bermutu yang dihadiahkan untuk anak-anak Muslim. Ada ambisi dan investasi besar yang dilakukan pemiliknya. Sekolah ini juga kentara identitas keislamannya. Rasanya akan menjadi pengalaman berharga bagi teman-teman Cieceng yang sekolah dan masyarakatnya religius, mengetahui sekolah yang kental keislamannya dikelola dengan cara-cara moderen.

2. SD Berbasis Teknologi Informasi Cerdas Muthahhari. Ini sekolah yang dikembangkan Kang Jalal (Prof. Dr. Jalaluddin Rahmat, MSc) yang secara tegas menerapkan Kecerdasan Majemuk. Sungguh saya memang ingin mengenalkan pada teman-teman Cieceng bahwa untuk mencapai sekolah bermutu itu dapat dilalui dengan berbagai pendekatan. Profesionalisme dan kerja keras terhadap setiap pilihan, itulah jalan yang memastikan keunggulan. Sekolah yang dikepalai oleh Miftah Rahmat ini, paling dekat dengan basecamp.

IMG_42923. TK-SD Gagas Ceria. Berbeda dengan sekolah lainnya, sekolah ini sekolah umum. Mungkin sekolah yang paling moderen di antara semua sekolah yang dimagangi. Saya ingat ketika membawa teman-teman Walagri meninjaunya, “Wah!” komentar mereka. Gagas Ceria satu-satunya sekolah di luar komplek Arcamanik Indah. Alasan pemilihannya karena saya memang punya kedekatan dengan kepala sekolahnya. Saya sempat melakukan pembicaraan mendalam tentang apa yang dapat kami berikan kepada teman-teman Cieceng. Bahwa Gagas Ceria sekolah yang sangat megah, guru-guru profesional, manajemen ilmiah, pokoknya sekolah elite, tak membuat teman-teman rendah diri. Maksudnya, tetap saja inti dari keunggulan adalah tanggung jawab, kerja keras dan profesionalisme. Bu Santi bersedia berdiskusi dengan teman-teman Cieceng bagaimana menerapkan profesionalisme, dan membangun lingkungan kerja yang mendorong motivasi bekerja keras pada kenyataan real masyarakat Cieceng. Keren.

IMG_43664. TK Salsabiil. Berbeda dengan yang lainnya, Salsabiil merupakan sekolah yang didirikan di tanah yang disediakan untuk menjadi kepentingann umum. TK yang dikepalai ibu Eva ini bersebelahan dengan masjid. TK Salsabiil memungut bayaran yang dengannya kemudian menjadi dana untuk mensubsidi SMP Terbuka. Bahwa sekolah ini dikelola dengan profesional tentu akan menjadi pengetahuan sangat berharga bagi teman-teman Cieceng.

Categories: MH. Aripin Ali
  1. santi
    August 18, 2009 at 3:12 pm

    wah..baca tentang magang yang diperjuangkan ini sungguh seru…… salut untuk teman-teman!! malu disebut sekolah modern…karena merasa belum bisa memenuhi kebutuhan teman-teman untuk belajar… terimakasih untuk pengalaman menyenangkan yang terjadi…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: