Home > MH. Aripin Ali > Perjalanan yang Melelahkan Hati

Perjalanan yang Melelahkan Hati

Jelas akan tak seberapa sumbangsih saya dalam pendidikan selain di SD Hikmah Teladan. Semuanya serba mencuri-curi: waktu, kesempatan, pun materi. 5 dan 6 Mei 2009 kesempatan Forum Paralel dengan kelas 3 tercuri. 2 hari itu saya ada di Pasawahan, Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat. Berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kali ini saya hanya menemani teman (pak Endar, pak Joko, dan pak Tonton, pak Rahmat) yang memang saya inginkan berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang hal perkoperasian dan pertanian organik yang sungguh tak kukuasai sementara itu sungguh masyarakat perlukan.

Seperti Biasa Berkirim SMS ke Banyak Teman

dscf4267Wah, teman-teman pak Endar lebih provokatif dibanding saya. Mereka sengaja saya ajak memang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang saya tidak memiliki kompetensinya. Ternyata yang mereka sampaikan (koperasi perkreditan dan pertanian organik) sangat terkait dengan kebutuhan real masyarakat petani (dalam hal ini Pasawahan). Bagaimana ya sekolah menjadi hal yang real juga? (Ini tambahan: antusiasme yang mengelegak merupakan akibat bila ‘yang real’ digeluti sepenuh hati).

dscf4281(Pagi hari kami memulai dengan pergi ke sawah untuk mengamiti dan melakukan pembuktian lapangan materi tadi malam. Di amati melalui perbandingan sawah dengan pertanian organik dan sawah dengan mengunakan zat kimia. Juga diteliti, diamati, didiskusikan di pinggir sawah kenapa sawah pertanian organik keadaannya seperti yang kami temukan). Setelah membuktikan bersama-sama bahaya pestisida dan keutamaan beberapa bahan organik, sekarang kami sedang membuat pestisida dan pupuk organik. Lihatlah! Bapak tua di sampingku yang pendiam asyik sekali mengamati semua dan sesekali mencatat, bahkan bertanya yang analitik.

dscf4303Di sini merebak penemuan, keriangan, persaudaraan, dan seperti yang kurasakan, kebahagian. Di sini selain terkumpul 3 generasi (anak-anak SMK diliburkan untuk bergabung dengan kami), ada KBM antara petani, ‘ilmuwan’ dan tokoh masyarakat.

Pukul 11:16:11

Tanggal 06-05-209

Notulensi Pertemuan

Teman-teman di Pasawahan sudah terbiasa berorganisasi, makanya tidak heran kalau saya ditawari notulensi ini. Selamat membaca.

NOTULENSI

PELATIHAN KOPERASI

SEKRETARIAT BANJARANYAR 1

TANGGAL 5-6 MEI 2009

5 MEI 2009

PEMBUKAAN

Bu wati              : Ass. Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas  kedatangannya dalam acara pendidikan koperasi walaupun pada khususnya pertemuan ini sebagai ajang memperkuat organisasi, koperasi yang ad adi otl ternyata sama tidak menjamin kesejahteraan anggota, tapi setidaknya sekarang dengan diadakannya pendidikan koperasi ini di jadikan sebagai ajang untuk mensejahterakan masyarakat, kita disini berkumpul sebagai pendiri bukan untuk memperkaya diri sendiri, .mudah2an koperasi yang akan kita bangun ini

Pak Oman         : Ass. Kenapa sekarang anak sekolah di undang ke acara ini, ini agar anak-anak mengetahui tentang arti dan pentingnnya koperasi, tujuan akan dibangunnya koperasi ini yaitu kita ingin sejahtera, mumpung ada fasilitator yang memang mau menyumbang ilmu tanpa harus di bayar.mudahan-mudahan ada manfaatnya selanjutnya, nanti malam pastinya ada yang jauh, ya untuk makan mah seadaanya saja.biar nanti anak-anak sekolah nu masakmah, nya saaya aya be. Koperasi itu kumpulan orang=orang, kita ini orang sunda kebiasaan kita lebih gemar meng kredit daripada menabung didit-dikit jadi gunung. Kita kembali ke masa lalu, sebelum tanah kita dapat kita sangat gagah berjuang bahkan kenceng ingin ikut anggota SPP. Tapi sekarang tidak seperti dulu, mudah-mudahan koperasi ini sebagai pemicu semangat, tapi koperasi bukan pemimpin yang berkuasa tapi anggotalah yang mempunyai kuasa,koperasi artinya kita ini bahu-membahu dan berkesinambungan dalam memperjuangkan kesejahteraan secara bersama, .saya minta nanti setelah koperasi ini terbentuk tiap tanggal 28 kita pengajian sekaligus membahas koperasi, iuran di serahkan,

Bu Wati             : terima kasih buat pak oman, mudahan-

Arif Budiman     : ass. Pertama terima kasih atas kesempatan, yang kedua yang harus jadi kegelisahan kita mengenai urusan tanah geus radab tiis teu loba masalah, yang menjadi kegelisahan kita ini teh sdah bener teu jeng tanggung jawab setelah tanah kita garap,kontek hubungan land reform dan koperasi, koperasi yang di bikin atas inisiatif spp mah ada corak berbeda yaitu semangat  akan perjuangan tanah, ibarat sepakbola kita ini hanya baru mengoper untuk menggoalkan yaitu kesejahteraan, kita bikin koperasi ini tidak ujug-ujug.

kita lihat hubungan koperasi dan land reform

Koperasi Land Reform
Sarana & prasarana

 

Kebersamaan/usaha bersama

SHU

Kesejahteraan anggota

Objek tanah negra bebas

 

Penggarap

Hasil untuk konsumsi dan dijual

Konsumtip

Ceuk Undang-undang koperasi teh usaha babarengan keur

Kasejahteraan kabeh,sekarang di media iklan mengenai koperasi begitu gencar ini menandakan bahwa Negara mengangap koperasi sebagai badan Usaha yang cocok dengan karakter masyarakat Indonesia dan perlu diperhatikan, pemerintah memperhatikan koperasi tapi bukan hanya koperasi yang sudah ada saja tapi juga terhadap sekelompok orang yang ingin membangun koperasi dan tidak hanya langsung mendirikan koperasi tapi lewat pendidikan, pelatihan sampai akhirnya mengerti tentang arti dan pentingnya koperasi dan sampai terbentuknya koperasi,

Istirahat ……

Mulai …… jam 15.00

Beno :             menginisiatifi untuk pendirian koperasi untuk SPP wilayah tengah, di harapkan yang hadir di acara pelatihan menjadi pendiri koperasi untuk wilayah tengah (cikaso,cigayam,banjar anyar,pasawahan I,pasawahan II,kalijaya,Bangunkaraya)

Dan ada juga pelatihan pertanian organic, karena ada 2 nara sumber.

Mudahan bisa berdiri koperasi pertanian.

Oman :            mari kita merenungi untuk persiapan pendiri koprasi. Walaupun jangan merasa terpaksa dan harus dilandasi dengan niat yang bersih.

Mulai……jam 19.00..

Bu wati           : seperti yang kita bicarakan tadi yang kita tunggu sudah datang, sebelumnya perkenalan dulu

Joko Susilo    : Perkenalkan saya joko, saya sekarang pengurus koperasi Cuma dikoperasi primer seperti yang akan kita bentuk di sini,. Jadi bapak-ibu saya pengurus koperaasi tapi koperasi2ian tapi koperasi yang dibentuk dari kesadaran warga saya ingin tanya siapa yang di tempat ini ingin sengsara, siapa yang ingin kaya,

menurut teori ada 3 cara untuk sejahtera 3m

  1. menjadi keturunan orang kaya (
  2. menjadi menenatu orang kaya…
  3. menabung

kira2 bapak ibu bisa ga menyisihkan uang 1000/hari, kalau kita bisa sudah jelas 1 bln 30 rb di kali setahun berapa? Ini bisa sebagai uang pensiun kita nanti

  • saya punya pertanyaan
  • siapa disini tidak makan nasi?
  • Siapa yang tidak makan buah-buahan?
  • Siapa yang tidak makan sayuran?
  • Siapa yang memproduksi ketiga hal tersebut?
  • Apakah nasib petani sudah sejahtera?
  • Siapa yang akan memperhatikan nasib petani?

Prinsip yang palign utama adalah disiplin, koperasi kredit/CU

Memaparkan sejarah berduru

Nya kopreasi. BErasal dari jerman yang namanya CU.

Berbagai macam cara untuk mengatasi masalah petani adalah dari petani sendiri, yaitu dengan cara menabung. Dan pola menabung ini dilakukan dengan disiplin. Yang membuat kita miskin adalah kita tidak bisa diasplin menabung.

Mulai din terapkan di indonesia ,… prinsip koperasi : mulai dengan pendidikan, modalnya dari kewadayaan anggota, solodaritas.

Artinya kalau kita tidak mau miskin ya/ harus menabung.

Setelah ada tabungan penggunaan tabungannya dilakukan secara solidaritas yaitu secara bergantian.

Kita jelaskan perdefinisi :

koperasi adalah kumpulan orang, artinya nilai solidaritas menjadi prinsi berkoperasi, koperasi tidak boleh rugi, koperasi juga adalah lembaga usaha/ bisnis yang dikelola bersama.

Di indonesia koperasi ada 3 jenis :

  1. koperasi merpati  ( menunggu bantuan )
  2. pedati  ( kalau ada muatan jalan, kalau ga ada muatan ga jalan)
  3. sejati ( modal dari anggota dan di kembangkan oleh anggota )

cara mengambangkan koperasi :

koperasi kredit itu adalah sekumpulan orang yang bersepakat menabung dari sebagian uangnya sehingga trkumpul modal untuk dipinjamkan kepada sesama anggota untuk tujuan produktif dan kesejahteraan dengan tingkat jasa yang layak. Yang penting adalah sepakat menabung.

Sebagian uangnya bukan seluruhnya nanti umumnya berapa, kumpulan modal itu datang dari bapak-ibu dan hanya dipinjamkan kepada anggota tidak boleh dari diluar, lalu untuk tujuan produktif, jadi kalau kita pinjam bukan untuk tujuan konsumtif dulu tapi untuk tujuan produksi sehingga akan menambah keuntungan,buaknnya tidak boleh tapi alangkah lebih baiknya untuk keperluan produktif. misal, untuk ternak kan nantinya bisa beranak dan itu bisa menambahnilai produksi, rumusnya hanya mau atau keinginan.

Siapa yang punya pinjaman tidak bisa bayar dan tidak mau membayar sama seperti maling.

Layak  jasa yang kita sepakati

  1. penabung
  2. peminjam
  3. organisasi

penabung dalam koperasi juga harus mendapat keuntungan, kalau kecil ada pikiran lebih baik menabung di bank

harus layak bagi peminjam, karena butuh menentukan jasa seenaknnya tidak sesuai dengan usaha yang dikembangkannya

untuk organisasi stidaknya kita punya kantor sendiri.

Kabiasan kita kalau mau pinjam semangatnya maju tak gentak tapi kalau menabung semangatnya bengawan solo mengalir sampai ke laut…..

Ini kemudian struktur organisasi struktur organisasi koperasi kredit berbeda dengan koperasi lain, pimpinan tertinggi ada di Rapat Anggota (RA), RA ini memilih yang namanya pengurus dan pengawas, ada bedannya/, ada ketua, wakil ketua ada sekretasis, bendahara dan anggota tapi beda dengan anggota biasanya, tapi yang paling sehat adalah kalau koperasi sudah mengangkat anager dan staffnya, sistem pertama ada kelemahannya, yang paling susah ngurus koperasi adalah susahnya mengurus pengurusnya, jadi siapa saja yang dipilih pengurus harus siap jujur dan bener, dan pengurus di koperasi kredit itu tidak di gaji secara ,sukarela,

pertanyaan saya pengurus dan pengawas boleh minjam ga? Ya tidak yang boleh adalah anggota?aturannya harus sma.pengurus kalau mau minjam sebelum ada manager, kenapa angota pengurus harus 3 ini supaya bias menguntungkan anggota, tidak ada nepotisme

Pengawas itu tugasnya mengawasi apakah pengurus itu berjalan dengan baik, manajer bekerja sesuai dengan kebijakan pengurus,

Koperasi itu hanya satu jasanya, hanya jasa di bidang keuangan, karena kalau ngurus duit itu praktis, dibutuhkan semua orang,

Ini berangkat dari roh prinsip koperasi London, tujuan dari pinjaman adalah untuk membedayakan anggota.

Rahmat                 :  kita sharing pengalaman, kalau kita mau mendirikan koperasi  kita harus punya tangungjawab,saya punya pengalaman dalam pembentukan koperasi, dan tidak mudah, berawal dari tanggungjawab dan kebersamaan, sama rasa sama rata, memiliki, saya mendirikan koperasi berawal dari 6 orang dari beberapa orang guru, atas dasar inisiatif.lalu bertambah menjadi 12 orang berkembang sampai akhirnya mempunyai modal 40 juta, dari hasil tabungan.bertambah anggota dan mempunyai modal 240 jt,setelah kami belajar lewat PUSKOPBID, dengan prinsip keikhlasan,kejujuran, dan alhamdulilah sampai saat ini baru 12 tahun kami sedah memiliki modal 1,8 milyar..

Mengumpulkan orang kecil itu mudah, mudah diatur dan akan berkembang bila sadar akan pentingnya berorganisi atau berkoperasi sehingga akan terikat lewat kebersamaan dan akan membuahkan hasil.itu juga kalau punya tekad untuk maju, kita juga nanti kalu membentuk koperasi harus ada saling kepercayaan sesame anggota., koperasi maju dan berkembang lewat pendidikan dan pelatihan, yang pertama adalah budaya, jangan sirik terhadap keberhasilan orang,tapi bagaimana cara nya agar kita juga bisa maju.

Bukannya apa kami juga bisa membantu, atau kalau mau main ke

Gerakan koperasi kredit adalah gerakan koperasi anggota, kalau koperasi terbentuk nanti bergabung dengan PUSKOPBID Jawa Barat

Pak oyon              : Nanti setelah kita menabung bunganya berapa %

Pak Joko              : prinsipnya bunga pinjaman jangan memberatkan peminjam, merugikan penabung dan menguntungkan organisasi, kredit itu dari bahasa asing yang artinya percaya, jadi kalau kita menerima kredit berarti kita mendapat kepercayaan, koperasi ini adaalah bisnis jadi harus punya keuntungan, bisnisnya ini di ukur dari %tase pinjaman dan tabungan menurut sistem gerakan dan pengalaman BUNGA PINJAMAN mulailah dengan 3% menurut artinya misal saya pinjam 1jt pokok lalu kita harus ngangsur pokok dengan 10 x angsuran, bunga lalu jumlah, bulan 1 kita ngangsur100rb popkok, bunganya 30.rb,jadi utang kita tinggal 900rb. bln kedua pokok 100rb ,bunga 270rb, jadi utang kita tinggal 800rb bulan ketiga pkok 100rb bunga 24 rb jadi utang kita tinggal 700rb dan selanjutnya ini yang di sebut bunga menurun.jadi bunga selama setahun

Rumus bunga menurun:

(a tambah b) h dibagi 2

a bunga awal

b bunga akhir

h jangka waktu

keuntungan koperasi kredit, bunga, administrasi, denda

Beno                        :kalau bunga menabung bagaimana?)

Pak Joko                 :dikoperasi ada uang pangkal, simpanan pokok (1xbayar),simpanan wajib (Tiap bulan), simpanan sukarela ada batas minimu,dan tidak bisa diambil selama menjadi anggota. tiap tabungan mempunya deviden atau balas jasa biasanya 7-12% tergantung SHU. Lalu ada simpanan khusus, kalau disaya ada

simpanan pensiun (TAMARA),

Simpanan Haji,

Tab. Pendidikan, 8%

deposito, 12%/thn

THR, 7%

Taperma, 8%

Harian,7,5%

yang ngatur manajer jadi kalau belum ada manager jangan ada tabungan khusus tapi tiap koperasi berbeda

beno                        : menentukan simpanan wajib bagai mana?

Rahmat                    : tergantung keputusan disesuaikan kemampuan, di koperasi berbeda dngan bank ketika nabung tersendat bertambah beda dengan bank yang berkurang

Pak Joko                 :Kalau sudah gabung dengan puskopbid ada diwajibkan ikut program DAPERMA (dana pperlindungan bersama) untuk melindungi setiap rupiah dan pinjaman anggota, bila ada anggota yang meninggal di bawah 54thn asuransinya 50jt utangnya lunas ditanggung DAPERMA dan uang hasil pembayaran angsuran di kembalikan, Daperma yang bayar bukan anggota tapi koperasi, tiap 10000×0.65=650rph per bulan

ORGANIK

Tonton                  :  Saya juga petani sama seperti bapak-ibu disisni, pertanyaan organik ini dari dulu sudah ada namun karena sistem pemerintah terjadilah revolusi hijau yang mengabaikan nilai-nilai, permasalahan petani yang sering digemborkan oleh orang –orang yaitu mengenai pupuk – dan benih, disini saya akan membuka permasalahan petani, metode saya, setelah saya membuktikan, saya sudah tidak menggunakan bahan kimia, tanpa harus dipupuk, apakah bapak percaya bahwa tanah itu sudah tidak rusak, sebenarnya pertanian organik ini ada di Al-Quran, lewat alam. Serangga hama bukan, hama. Kenapa jadi hama karena kita yang salah, tidak memperhatikan kesinambungan alam.saya hanya menggunakan potensi yang ada lewat kotoran,untuk pestisida dengan menjaga simbiosis mutualisme tanpa semprot pakai kimia, pemerintah juga mencanangkan Go organik 2009 apakah akan tercapai? Kita tukar pengalaman, bagaimana memperhatikan ekologi tanah, kita hanay melihat kasat mata saja merasa bahwa tanah kita subur padahal tidak mengetahui kondisi tanah yang sebenarnya, jadidisini kita harus bisa membuat pupuk organik, pestisida dan ekologi tanah,. Kotoran domba sama UREA itu sama, .kelompok saya KSP (Kelompok Studi Petani)

Sistem pertanian SRI: hemat benih, hemat Air, Hemat pupuk.

Prinsip pertama kita harus tau tanah,bukan bibit, pupuk,

Dalam jerami basah terdapat zat yang bernama coli dalam jerami untuk beurit. Lebih bai memberi pupuk organik cukup satu kali. Contoh musuh hileud adalah sireum, cacing pembawa lubang dalam tanah untuk pertukaran oksigen.

Untuk beralih ke pertanian organik harustotal jangan setengah setengah.

Jangan memberatkan sesuatu masalah,

Unsure tanah ada 3 Debu pasir dan tanah liat. NACL unsure dalam UREA, unsure CL ( unsure garam )adalah unsure yang membuat tanah menjadi pasir. Bahan dasar MOL (mikroorganisme local), di tambah cai beras di diamkam untukmembuang gas, air kencing sapi, pada prinsipnya jangan langsung disemprotkan, karena masih mengandung gas,

Pembagian kelompok untuk praktek pupuk organic

Bahan :

  1. jarami
  2. cai beras
  3. kotoran hewan
  4. kirinyuh
  5. gedebog pisang
  6. tai ragaji
  7. uut badag

bahan untuk pembuatan MOL :

  1. papaya buruk
  2. jerami
  3. urine
  4. air kelapa
  5. air cucian beras
  6. lahang
  7. jeruk
  8. lauk

penelitian tanah :

  1. tanah
  2. bekas botol aqA
  3. kabel NGA kabel biasa 3 meter
  4. bohlam
  5. dudukan piting
  6. plastic es yang panjang
  7. stiker/colokan listrik
  8. solasi
  9. paralon

untuk pestisida :

  1. gadung (buah)
  2. sereh laja
  3. jumbleg
  4. saun sirsak
  5. mindri
  6. batrawali
  7. koneng
  8. tarasi

UREA, NPK, GARAM

Rabu 6 mei 2009

Jam 08.00…………

Dimuali dengan praktek tester tanah……….

Praktek pembuatan pupuk organik …… di lapangan.

Perjalanan yang Melelahkan Hati

Entahlah kenapa saya memberi judul tulisan ini “Perjalanan yang Melelahkan Hati” dan sampainya kubuat penutupnya, tetap saja tak mau merubahnya. Beberapa alasan berseliweran sekelebat, tapi nampaknya terlalu menjadi urusan pribadi yang prematur. Kapan-kapan akan kudorong gelisahanku mencari tempat berbagi. Kan banyak ya yang prematur terselamatkan?

Categories: MH. Aripin Ali
  1. kampungharmoni
    May 11, 2009 at 4:29 am

    tampaknya mimpi-mimpimu mesti diwujudkan satu-satu biar gak lelah terus he he he

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: