Home > Kurikulum Esdehate, SekolahKu > Pemihakan dalam Penilaian

Pemihakan dalam Penilaian

Penilaian di SD Hikmah Teladan berpihak. Di tataran sekolah berpihak pada keinginan perguruan, di tataran kelas berpihak pada anak. Misalnya saja pelajaran Agama Islam. Di antara 2 variabel yang bisa diambil dalam pelajaran agama (: pengetahuan dan pengamalan), perguruan mengutamakan pengamalan. Pengutamaan atau pemihakan ini akan menjadi orientasi utama kegiatan belajar karena pengamalan sebagai ranah yang diutamakan ditetapkan menjadi standar minimal target belajar yang harus dicapai guru (melalui pencapaian anak).

Perhatikan cara penilaian agama berikut:

A = mengamalkan dengan menguasai seluruh konsep

B= mengamalkan dengan menguasai sebagian konsep

C= mengamalkan dengan tidak menguasai konsep

D= tidak mengamalkan

Konversi A, B, C, D ke angka bergantung pada penentuan pencapaian standar minimal pelajaran. Di SD Hikmah Teladan, pelajaran Agama Islam nilai minimalnya 7, berdasarkan penetapan bahwa pengutamaan pelajaran agama pada pengamalannya maka nilai 7 itu untuk huruf C. Berapa range nilai C, B dan A, saya pikir silahkan saja diatur dengan baik, sedangkan D sudah jelas D < 7.

Bunyi pernyataan C= mengamalkan dengan tidak menguasai konsep, salah satu contoh bisa merujuk pada anak yang kalau ulangan tertulis mendapat nilai yang sangat jelek (Anda bisa membayangkan anak itu dapat nilai ulangan tertulisnya 1), tapi guru punya data anak itu baik, rajin salat, bisa mengaji.

Bagi guru mengamalkan yang bersifat umum dan bisa mencakup beberapa item pengamalan dengan sungguh-sungguh memperhatikan anak dapat hanya tertuju pada kekuatan atau keunikan anak. Misalnya saja untuk anak-anak yang berasal dari keluarga yang tidak memperhatikan agama, pengamalan dapat berarti kesungguhan upaya. Maka sah saja untuk mengatakan, “Hebat ya si fulan bisa salat isha padahal anggota keluarga lainnya tidak pernah salat,” dan si anak mendapat nilai C, B, atau A sekalipun ia tidak sempat salat subuh, belum lancar mengaji.

Bagaimana dengan pelajaran lain? Kalau Anda mau coba gampang kok.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: