Home > SekolahKu > Semua Berkomentar (1): Wisata Buku Menurut Kelas 2

Semua Berkomentar (1): Wisata Buku Menurut Kelas 2

Tugas Akhir Pekan (TAP) tanggal 18 Maret 2009 membicarakan Wisata Buku. 5 tugas diminta jawabannya: Wisata buku yang kukenal; Tentang wisata buku menurut orangtuaku; pengalaman berkesan dengan Wisata Buku; Aku ingin kalau Wisata Buku itu…, Buku-buku dari Wisata Buku.

Berikut ini adalah dokumentasi jawaban anak-anak yang disusun dengan sesuai nomor, maksudnya, nomor yang sama yang masing-masing ada 5 itu berasal dari satu anak.

A. Wisata Buku yang Kukenal

1. Kegiatan membeli buku bersama teman-teman sekolahku

2. Aku bisa melihat buku-buku dan bisa membeli buku-buku.

3. Pergi ke toko buku, pergi ke penerbitan buku, ke Erlangga. Selain Wisata Buku bersama sekolah aku juga ber-Wisata Buku bersama keluargaku, memperlihatkan buku kepada orangtuaku untuk meminta izin untuk membeli buku yang aku inginkan.

4. Berangkat bersama teman-teman dan guru dari sekolah, perginya naik mobil jemputan, perginya ke tono buku besar (Gramedia, Erlangga), bawa uang tidak boleh lebih dari RP50.000,-, membeli buku harus buku untuk anak-anak tidak boleh buku orang dewasa, buku tidak boleh dibaca di tokonya tapi harus langsung dibeli.

5. (tidak dijawab)

6. Aku pernah Wisbuk ke Gramedia Paris van Java 2 kali, Erlangga 1 kali.

7. Aku mengenal Wisata Buku saat aku sekolah di SDHT.

8. Wisata Buku yang kukenal adalah kegiatan mengunjungi toko buku atau perpustakaan untuk membeli buku supaya ilmu dan pengetahuannya bertambah.

9. Kita berramai-ramai pergi ke Gramedia, toko buku, mal yang menyediakan buku-buku. Di sana kita memilih  berbelanja buku yang kita suka & tentunya untuk dibaca.

10. Anak-anak boleh membeli 2 buku atau lebih, pergi naik jemputan, pergi ke toko buku atau percetakan.

11. Ke Giant Bandung; ke Gramedia Bandung

12. Membaca sambil bermain.

13. Senang sekali.

14. Saya sangat senang sekali sekola di SDHT karena di SDHT saya mengenal program Wisata Buku atau disebut juga Wisbuk. Karena di sekolah SD Al-Masoem tidak pernah ada Wisata Buku, hanya ada perpustakaan.

15. Wisbuk itu pergi dengan mobil jemputan ke toko buku/pameran buku untuk melihat, membaca dan membeli buku untuk dibaca supaya bisa menceritakan kembali dan pintar.

16. (tidak dijawab)

17. Wisata Buku yang kukenal adalah: Gramedia Paris van Java, Gramedia Merdeka, Toko Buku Giant Plaza, Erlangga, Perpustakaan sekolah SD Hikmah Teladan.

B. Tentang Wisata Buku Menurut Orangtuaku

1. Program unggulan SDHT yang positif karena membiasakan anak untuk menyukai buku. Membeli buku adalah suatu hal yang tidak ada ruginya, karena menambah wawasan anak.

2. (tidak dijawab)

3. Wisata Buku tidak harus selalu membeli buku, tetapi sekali-sekali berkunjung ke perpustakaan umum, supaya lebih banyak bahan bacaan yang dapat aku lihat dan aku baca.

4. Menurut kami sebagai orangtua Wisata Buku itu sangat bagus untuk menumbuhkan minat baca anak. Sehingga membaca bisa jadi hal yang menyenangkan bagi anak apalagi jika hal tersebut dilakukan bersama teman-teman dan guru.

5. Menurut orangtuaku, Wisbuk adalah hal terpenting untuk aku ikuti. Dengan mengikuti Wisbuk terutama bila Wisbuknya ke penerbit seperti Wisbuk yang kemarin, aku menjadi tahu bagaimana prosesnya pembuatan sebuah buku hingga sampai ke tangan kita. Ternyata prosesnya panjang, lho. Sehingga aku sekarang menjadi lebih menghargai buku-buku yang aku punya.

6. Wisata buku itu bagus, tapi harga bukunya jangan mahal-mahal.

7. Wisbuk dapat meningkatkan keinginan untuk membaca, jadi ibuku sangat senang kalo aku bisa mengikuti Wisbuk.

8. Wisata Buku sangat bagus untuk tetap dilaksanakan karena akan membentuk kebiasaan anak untuk mencintai buku. Selain itu supaya buku menjadi prioritas anak dalam memanfaatkan uangnya.

9. Sangat positif karena dengan membaca kita akan lebih berpengalaman & pintar. Akan tetapi kita harus berhati-hati untuk memilih dan membeli buku yang akan kita baca.

10. Program yang sangat bagus; tidak ada di sekolah lain; membuat anak-anak jadi mencintai buku & senang membaca.

11. Pada prinsipnya orangtuaku sangat mendukung.

12. Bagus karena dapat melatih anak untuk menyukai buku.

13. Baik dan dapat menambah minat baca anak

14. Orangtuaku sangat mendukung adanya Wisbuk karena dapat menambah wawasan saya, membaca jadi lancar dan belajar jadi tidak bosan. Setiap ada Wisbuk ibuku selalu memberi uang sebesar 30.000 untuk membeli buku yang kusuka.

15. Menurut bunda Wisbuk bagus dan sangat berguna supaya anak-anak lebih mencintai buku dan gemar membaca karena buku adalah jendela ilmu dan lebih baik lagi untuk anak-anak dikenalkan juga ke tempat penjualan buku bekas/loak, supaya jadi tahu bahwa buku bekas juga bermanfaat dan tidak terlalu mahal.

16. (tidak dijawab)

17. Menurut kami para orangtua, Program Wisata Buku sangat baik, khususnya untuk siswa-siswi sendiri karena Berwisata Buku bisa membuat anak gemar membaca, menambah wawasan dan pengetahuan. Dan juga membuat anak senang karena Wisata Buku-nya juga tidak di sekolah/SDHT saja tapi di luar sekolah juga seperti di Gramedia. Anak-anak juga merasa senang selama diperjalanan menuju lokasi Wisata Buku karena bisa bercanda dan lebih dekat lagi dengan sesama teman, baik yang satu kelas maupun dengan kelas lain.

C. Pengalaman Berkesan dengan Wisata Buku

1. Bisa membeli buku yang aku suka; bebas membaca buku sampai pulang; jalan-jalan bersama teman.

2. Di sekolahku kadang-kadang suka ada persiapan Wisata Buku. Aku paling suka persiapan Wisata Buku. Aku pang suka Wisata Buku di Paris van Java karena tempatnya lebih besar.

3. Aku sudah ber-Wisata Buku bersama sekolah sebanyak empat kali sejak kelas satu. Aku senang ber-Wisata Buku apalagi ke Erlangga, sangat menyenangkan.

4. Pada waktu Wisata Buku ke Erlangga senang sekali, karena di sana mewarnai, nonton filem dan beli buku.

5. (tidak dijawab)

6. Sewaktu aku ber-Wisata Buku ke Paris van Java karena bisa sambil jalan-jalan.

7. Aku pernah Wisbuk di Gramedia Paris van Java, BBC Pasteur & terakhir di penerbit Erlangga. Aku pergi ke sana berama teman-teman memakai mobil jemputan. Di perjalanan ada yang ngantuk ada juga yang ngobrol. Aku memilih-milih buku yang kusukai kemudian membelinya. Biasanya ibuku memberi uang 25.000 – 50.000.

8. Aku terkesan sekali dengan banyaknya buku-buku yang bagus-bagus. Aku ingin rasanya membeli buku-buku itu tapi uangku tidak cukup.

9. Waktu itu aku dan teman-teman di kelas 2 Nabawi, 2 Aqsho, 2 Harom mau Wisata Buku. Kelas 2 Nabawi pake jemputan warna coklat. Di sana aku bernyanyi-nyanyi bersama teman-teman, lalu… nyampe deh. Habis itu aku dan teman-teman disuruh untuk memilih buku yang kita suka. Tiba-tiba buku aku dan Vika sama jadi selera kita sama.

10. Saat ke Gramedia Sukajadi.

11. Waktu berfoto.

12. Waktu lomba menggambar di atas tisu.

13. (tidak dijawab)

14. Biasanya kami pergi ke Gramedia, di sana saya dan teman-teman banyak membaca buku-buku cerita dan tidak lupa pulangnya membeli buku Kecil-kecil Punya Karya dan Natasha dan Kucing Kecil. Di rumah saya bertukar buku dengan kak Imel. Buku ka Imel di rumah banyak sekali. Saya senang membaca buku ceritanya karena seru-seru seperti KKPK, novel, Conan dan banyak lagi yang lainnya.

15. Pengalaman berkesan dengan Wisbuk di Gramedia karena ruangannya bersih dan gamesnya, udaranya ber-AC.

16. Saat Wisbuk ke Erlangga aku membeli buku Deinonychus, isinya sangat seru dan asyik, harganya 30.900. Aku senang saat Wisbuk ke Erlangga dan juga ada lomba mewarnai, jadi aku sangat senang.

17. Perjalanan berkesan selama mengikuti Wisata Buku adalah merasa senang karena dapat membaca berbagai banyak buku/judul. Aku juga dapat membaca buku di tempat Wisata Buku dan juga dapat tukar-tukaran buku bersama teman-teman. Jadi aku tahu banyak tentang buku/cerita yang ada di dalam buku.

D. Aku Ingin Kalau Wisata Buku Itu…

1. Ke toko buku lebih besar; ke pabrik buku; ketemu pengarang bukunya; menemukan buku yang canggih; ada kegiatan yang membuat anak suka menulis buku.

2. (tidak dijawab)

3. Aku ingin kalau Wisata Buku, Wisata Buku-nya ke Gramedia Istana Plaza, biar tidak terlalu jauh.

4. Aku ingin kalau Wisata Buku itu sekali-kali dibolehkan bawa uang Rp100.000,- agar aku bisa membeli buku yang aku inginkan walaupun mahal harganya.

5. (tidak dijawab)

6. Aku ingin kalau Wisata Buku itu gratis, karena kalu orangtuaku sedang tidak punya uang aku tidak tega memintanya.

7. Aku ingin Wisbuk ini lebih sering dilaksanakan dengan lokasi yang berbeda-beda supaya pengalamanku bertambah.

8. Anak-anak diminta meresumekan buku yang sudah dibelinya; Resume dibuat dalam bentu Power Point, dan secara bergiliran anak-anak mempresentasikan atau menceritakan hasil resumenya di depan kawan-kawan sekelas.

9. Aku ingin Wisata Buku bersama ortu biar bisa beli buku yang banyak karena aku senang membaca.

10. Wisata Buku ke luar kota.

11. Banyak games, lebih ditingkatkan.

12. Tidak harus membeli buku, tapi bisa membaca buku sepuasnya.

13. Terus ada dan ditambah.

14. Aku ingin Wisbuk terus ada, jadi koleksi buku ceritaku bertambah banyak, jadi aku semakin pintar dan minat bacaku semakin tinggi.

15. Aku ingin Wisbuk itu anaknya tidak lari-lari karena gurunya jadi malu. Mau pergi dengan bus.

16. (tidak dijawab)

17. Aku ingin Wisata Buku itu banyak dilakukan di luar sekolah, seperti Gramedia dan penerbit buku agar dapat suasana baru dan lebih banyak koleksi bukunya.

E. Buku-buku Ku dari Wisata Buku

1. (tidak dijawab)

2. (tidak dijawab)

3. Waktu itu ke Erlangga mau beli buku Pee Bee tapi uangnya tidak cukup, jadi belinya Bibi Harimau saja!; Aku waktu itu Wisata Buku sama orangtua. Aku beli komik, komik berwarna, komiknya berjudul Sponge Bob.

4. Tubuhmu yang Hebat, Luar Angkasa yang Sangat Luas, Dinosaurus; Bayi Stegosaurus.

5. Karena aku sudah ikut Wisbuk dari kelas 1, buku yang aku beli sudah cukup banyak: Franklin Main Drama, Buku Bajak Laut, Franklin ke Sekolah, Anisa Sayang Ayah, Dinaosaurus.

6. Truk Pemadam Kebakaran, Predator Anakonda, Dinosaurus, Mobil Balap.

7. Buku yang pernah aku beli diantaranya penemuan.

8. Buku-buku yang sudah aku beli: Scooby-Doo, Penemuan-penemuan Hebat, Thank You Allah: Alhamdulillah Allah Menciptakan Gigi, Thank You Allah: Subhanallah Allah menciptakan Bulan, Thank You Allah: Alhamdulillah Aku Punya Kuku, Thank You Allah: Subhanallah Manusia Bisa Membuat Rumah’ Thank You Allah: Alhamdulillah Allah Menciptakan Lidah, Thank You Allah: Alhamdulillah Allah Menciptakan Binatang.

9. Jilbab Pertama, Scooby-Doo & Hantu Bajak Laut.

10 Franklin Mau Menang Sendiri, Spongbob Sang Penyelamat, Scooby-Doo, Jadi Pengemudi Truk Gandeng.

11. Franklin

12. Anak Rajin, Scooby-Doo, Monkey

13. (tidak dijawab)

14. Kecil-kecil Punya Karya, Natasha, Kucing kecil

15. Belajar Sulap dalam 7 Hari, Gorila Monyet Raksasa yang Baik Hati, Ikan yang … (tak terbaca), Scooby-Doo dan Monster Loch Ness, Franklin dan Adiknya, Franklin dan si Jagoan, Menjadi Teman yang Baik, Kapan Hujan Berhenti, … (tidak terbaca) Catatan yang Tertinggal

16. (tidak dijawab)

17. Aku Bisa Salat Subuh, Aku Bisa Salat Ashar, Ingin Bermain?, Ayah Ibuku Tersayang, Garuk-garuk si Kuman Gatal, Alhamdulillah Allah Menciptakan Salju

bersambung…

Categories: SekolahKu
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

