Home > Kurikulum Esdehate > Ayo Rayakan Perbedaan: Dokumentasi Soal Terbuka

Ayo Rayakan Perbedaan: Dokumentasi Soal Terbuka

Urutkan salat fardhu sesuai dengan tingkat kesulitan untuk dilaksanakan tepat waktu. Ceritakan penyebabnya.

Pertanyaan ini (dan yang sejenis yang disebut pertanyaan terbuka) membuka kemungkinan semua anak memberikan jawaban orisinal. Materi yang dicakup, selain tentang salat fardhu, adalah tentang pembiasaan melaksanakannya.

Jawaban orisinal membuat tidak ada gunanya menyontek. Anak yang masih menyontek mudah diidentifikasi kepercayaan dirinya masih rendah. Bahwa ini mengemuka, menekankan kapasitas soal terbuka untuk membaca berbagai ranah diri anak.

Jawaban orisinal identik beragamnya jawaban. Lalu mau diapakan jawaban yang beragam itu? Jawaban dishare dengan yang lain. Ada beberapa cara dapat dilakukan:

1. Dokumentasikan jawaban. Semua anak mendapat lembar kumpulan jawaban semua teman sekelas. Bisa ditambahkan pada dokumen ini pertanyaan, setidaknya anak dapat mengelompokkan jawaban-jawaban yang memberikan ide untuk memperbaiki diri atau lebih menyenangkan hatinya.

2. Anak-anak mempresentasikan jawaban masing-masing. Semua mendapat kesempatan. Di SD Hikmah Teladan hal ini membuat waktu pelaksanaan pembahasan soal (terutama yang berkait dengan pertanyaan terbuka) lebih lama dibanding waktu pelaksanaan ulangan.

3. Gabungkan keduanya. Sangat menyenangkan libur semester dengan membawa dokumentasi soal terbuka. Bagi orangtua juga sangat penting karena dokumentasi dapat menjadi rujukan tentang posisi anaknya di kelas. Bahkan rumah dapat mengukuhkan autensitas anak di sini.

Tidak ada jawaban yang salah dalam pertanyaan terbuka. Yang ada adalah jawaban jujur atau berbohong. Pertanyaan kedua “Ceritakan penyebabnya”, menjadi alat sederhana untuk mengetahui ada-tidaknya kejujuran. Ini sangat penting disampaikan karena tujuan terpenting dari soal terbuka adalah munculnya kebiasaan (rasa senang) menghargai diri sendiri.  

Bagi guru pertanyaan terbuka sama dengan kesediaan untuk belajar. Pada kenyataannya malah belajar dengan kegembiraan. Jawaban-jawaban atau pendapat yang tak terduga, tak terbayangkan, memang sejenak membuat kita ‘melayang’. Ada kebanggaan guru pada anak-anaknya.

Ayo, rayakan perbedaan!

Categories: Kurikulum Esdehate
  1. quarkie
    February 13, 2009 at 8:04 am

    LUAR BIASA!! SELAMAT.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: