Home > KaryaKusekolah > Sebuah Masjid (3): Pusat Keramaian Bernuansa Keagamaan

Sebuah Masjid (3): Pusat Keramaian Bernuansa Keagamaan

Salah satu tempat yang menjadi pusat kegiatan anak-anak SDHT adalah masjid sekolah. Masjid ini terletak di bagian tengah lingkungan SDHT, di lantai dua antara deretan kelas enam dengan kelas tiga dan kelas dua, persisnya di atas perpustakaan.

Masjid ini cukup luas, cukup untuk menampung kira-kira dua ratus orang siswa sholat berjamaah. Seperti masjid pada umumnya, di sini juga terdapat mimbar untuk khotib berkhutbah. Di bagian atas terdapat jam dinding dan di bagian kanan ada kalender hijriah yang dipigura dengan rapih. Di sebelah kiri ada ruangan kecil yang biasanya dipergunakan untuk adzan dan juga untuk menyimpan perangkat audio. Di sebelah kanan masjid ini terdapat tangga ke bawah menuju tempat wudlu.

Sejumlah kegiatan sering diselenggarakan di Masjid. Setiap hari masjid selalu dipergunakan untuk sholat Dhuha dan sholat Dzuhur secara berjamaah. Selain untuk sholat berjamaah, pelajaran BTAQ (Baca Tulis

Al Quran) kelas 6 selalu diselenggarakan di Masjid. Selain itu, karena tempatnya yang cukup luas dan nyaman, masjid sering dipergunakan untuk kegiatan rapat, dan berbagai pertemuan yang diselenggarakan oleh SDHT.

Sayangnya setiap pagi sebelum masuk kelas, masjid sering dipergunakan untuk bermain bola oleh anak-anak kelas 5 dan 6. Sebenarnya boleh enggak sih masjid digunakan untuk main bola?

Kalau diamati, ada hal yang agak tidak biasa, yaitu setiap hari Sabtu selalu ditemukan kotoran burung di tempat yang sama, sekitar lima baris dari belakang di bagian tengah. Mungkin karena bentuk masjid yang agak terbuka sehingga burung-burung bisa dengan mudah masuk ke dalam masjid.

Bagiamana pendapat guru-guru tentang Masjid SDHT? Menurut beberapa guru yang berhasil kami wawancarai diantaranya Pak Aripin. Beliau mengatakan bahwa masjid menjadi pusat kegiatan yang bernuansa keagamaan. Dengan adanya masjid bisa dipakai untuk belajar membedakan fungsi tempat. Sebelum ada masjid, SDHT hanya punya tempat belajar dan bermain. Ketika ada Masjid, SDHT punya tempat untuk beribadah. (M. Iqbal kelas 6)

Categories: KaryaKusekolah
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: